Sunday 25 December 2016

Aplikasi Gratis Google Keyboard Gboard


Terbaru dari Google keyboard yang telah dirilis khusus untuk pengguna Android dan Iphone, apa saja fitur-fitur yang terdapat di dalamnya, dan kelebihan apa saja fungsinya untuk pengguna smartphone Android dan Iphone berikut ulasannya.


Gboard Android
Gboard Android
Sepertinya tidak akan ada habisnya jika kita membahas Produk Google ini, inovasi yang terus dilakukan oleh Google selalu updated dan selalu membuat penasaran bagi penggemarnya, dari mulai aplikasi sampai dengan perangkat keras pun hampir mendominasi adanya produk google. Perusahaan Raksasa internet ini bahkan mengalahkan Microsoft terbukti dari salah satu Produk Google Search yang menempati urutan no 1 kemudian no 2 adalah Facebook versi Alexa.

Hal tersebut membuktikan bahwa Google memang sangat fokus terhadap updated kebutuhan teknologi yang terus dikembangkan demi kemudahan akses teknologi yang merata.
Untuk tulisan saya kali ini akan membahas mengenai salah satu produk google yang sedang ditunggu-tunggu yaitu Google keyboard yang berubah nama menjadi Gboard khususnya bagi pengguna smartphone Android besutan dari Google ini. Ada banyak perubahan didalamnya pengguna lebih dimudahkan untuk mengakses aplikasi saat mengetik.

Khusus untuk Gboard ini google memciptakan spesial dan ekslusif khusus bagi pengguna IOS yang sebelumnya sudah dilirisnya, namun banyak dari pengguna Android khususnya menantikan apakah Gboard ini bisa hadir di smartphone Android. Kabar gembira pun hadir dan google mengabulkan dan merilis Gboard ini untuk Android dengan rasa yang berbeda pula. Selain berubah nama menjadi Gboard tampilannya pun berubah, fitur-fiturnya pun lebih beragam banyak pilihan fungsinya seperti yang menonjol adalah pintasan keyboardnya (shortcut) dengan Logo atau tombol G.

Tombol G yang ada ini sifatnya pilihan atau Opsional bisa di atur dipengaturan keyboard, pengguna bisa mengaktifkannya atau tidak tinggal di atur saja dipengaturannya. Namun berdassarkan pengalaman saya yang sudah sempat saya coba sayang sekali jika fitur ini tidak diaktifkan karena banyak manfaat yang didapat bagi pengguna, contohnya misa kita sedang mengetik di keyboard tersebut dan ingi beralih ke aplikasi itu tidak perlu harus menutup keyboard masuk ke aplikasi, cukup gunakan menu shortcut yang sudah terseting di Gboard tersebut jadi tidak perlu bulak-balik lagi. 

Luar biasanya lagi dari Gboard Android ini mendukung tiga bahasa sekaligus yang dapat digunakan bersamaan saat mengetik, jika di Keyboard sebelumnya itu tidak tersedia nah untuk yang sekarang ini sudah ada multi language, lalu apa saja sih fitur-fitur dari Gboard ini mari kita bahas :


  • Terdapat tombol pencarian dengan logo “G”.
  • Ditambahkannya toolbar tambahan untuk mengakses pengaturan, tema, kemudian mode satu tangan atau istilahnya one handle mode.
  • Bisa mensetting tombol khusus hanya untuk numerik atau angka saja yang bisa terpisah tampilannya.
  • Terdapat Multi language dukungan 3 bahasa sekaligus
  • Terdapat menu untuk icon emoji
  • Model Typing Gestrure berubah nama menjadi glide typing
  • Tampilan tombol gift yang selalu ada, namun tidak akan muncul jika aplikasi yang dibuka tidak mendukung.


Untuk sekarang ini Gboard Android masih diluncurkan secara bertahap dibeberapa negara, untuk kita ini Indonesia pengguna setia Android harus bersabar sedikit ya mengingat Gboard ini pun juga masih tahap uji coba dibeberapa negara, namun pasti tidak akan lama lagi akan bisa hadir di Indonesia. 

Namun bagi sobat yang sudah tidak bersabar untuk mencicipinya bisa mencobanya bisa kunjungi http://www.apkmirror.com/apk/google-inc/gboard/gboard-6-0-65-141378828-release.
Pastikan Android sobat sudah OS yang terbaru minimal OS Android 4.2 atau yang lebih terbaru.   



Google Keyboard Iphone

Gboard Iphone

Google keyboard tidak hanya merilis untuk Android saja, ternyata Google keyboard pun merilis untuk IOS Iphone, pengguna iphone pun dapat mencicipi Google keyboard ini, Aplikasi ini resmi diluncurkan oleh google 13 mei 2016 kemarin, ternyata diluar dugaan setelah dilauching dan diluncurkannya aplikasi Gboard ini untuk IOS Iphone banyak pengguna IOS yang langsung mendownloadnya.

Untuk tampilan di Iphone tidak terlalu berbeda cara penggunaanya seperti di Android, masih tetap dengan fasilitas yang sama dengan Android seperti multi bahasa 3 sekaligus, terdapat kolom search G untuk memudahkan pengguna membuka aplikasi lain tanpa harus bulak-balik buka tutup aplikasi. 

Di Gboard ini dimudahkan untuk kita saat menelusuri di search saat ada informasi yang penting dalam pencarian yang kita lalukan misalkan no telepon, alamat jalan, nama restoran itu bisa langsung sobat highlight dan bias dipindahkan dikolom pengetikan sobat.

Bagaimana sobat penasaran dengan Aplikasi terbaru Google ini yang diberi nama Gboard, sobat bisa download aplikasi Gboard ini lalu rasakan manfaatnya, Google memang selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk penggunanya.

Baiklah sobat ini saja yang bisa saya bahas mengenai fitur terbaru Google Keyboard, jika ada sobat yang ingin berbagi pengalaman seputar Google Keyboard dapat berbagi di kolom komentar ini, terima kasih sudah berkunjung.  


EmoticonEmoticon